photo panlogo.png
Home Berita PAN Sabtu 12 Januari 2014 12 Ribu Relawan HR Serbu Jakarta

JAKARTA– Demokrasi langsung yang kini berjalan di Indonesia tak hanya ditentukan oleh elit politik. Sebaliknya kekuatan massa (rakyat) menjadi faktor signifikan dalam memenangkan pemilihan, khususnya kontestasi presiden 2014. Dari sejumlah nama capres yang beredar di ruang publik akhir-akhir ini, sosok Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa menyita perhatian sejumlah komunitas di Jabodetabek dan Jawa Barat. Rencananya, besok, Minggu, 12 Januari 2014, bertempat di Istora Senayan, komunitas dari berbagai bidang akan mendeklarasikan dukungan kepada Hatta sebagai Calon Presiden 2014. Sebagaimana disampaikan Abdul Rajab, Ketua Umum Relawan Hatta Rajasa (RHR)—nama organisasi yang akan dideklarasikan—ia mengaku mendapat “tekanan” dari komunitas-komunitas untuk menyatukan dukungannya kepada Hatta.
Dalam wawancara dengan www.hatta-rajasa.info, di bilangan Jakarta Selatan, Jumat, 10 Januari 2014, Rajab mengatakan alasan utama komunitasnya yakin untuk menyokong Hatta, karena ia melihat personality Hatta sebagai sosok yang ideal. Diantaranya Hatta memiliki keluarga yang harmonis, rendah hati dan tidak berjarak dengan kalangan mana pun. Di luar itu, ada nilai lain yang membuatnya yakin dengan Hatta. “Pertama dari segi keagamaan, beliau kita lihat kesehariannya lurus, sholatnya juga bagus. Kedua, Pak Hatta sangat menghargai ibunya. Bagi kami tokoh yang memulliakan ibunya sangat luar biasa. Dan ketiga, Pak Hatta tidak suka pencitraan seperti capres-capres lain. Beliau kami lihat sibuk kerja, aksi nyata”, ujar Rajab.
Sebagai info, komunitas-komunitas yang tergabung dalam Relawan HR terdiri dari persatuan klub motor, tukang ojek, buruh, mahasiswa, petani dan pedagang kaki lima. Rajab menambahkan, dalam deklarasi yang digelar di Istora Senayan besok, akan hadir tak kurang dari 12 ribu relawan, dari Jabodetabek dan 26 Kabupaten / Kota di Jawa Barat. “Selain itu ada perwakilan dari Sulawesi, Jawa Tengah dan Jawa Timur juga”, timpalnya.
Pasca deklarasi, Relawan HR akan mensosialisasikan figur dan pemikiran Hatta ke masyarakat bawah. Sasaran masyarakat bawah ini dianggap penting karena jumlahnya yang sangat besar dalam pemilu 2014. “Setelah itu kami akan mengajak Pak Hatta untuk makin sering turun ke bawah. Tidak usah pencitraan, cukup dengan komunikasi langsung ke rakyat. Mereka membutuhkan itu”, kata Rajab. Deklarasi nanti rencananya dikemas layaknya “Pesta Rakyat” dengan diisi Pencak Silat dan kesenian tradisional lainnya. Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa dijadwalkan hadir bersama Adyaksa Dault, selaku Dewan Penasehat Relawan HR.
Makin meningkatnya dukungan ke Hatta jelang pilpres, menurut Abdul Hakim, pengamat politik dari Skala Survei Indonesia, menunjukkan kinerja Hatta sebagai Menko Perekonomian “ditangkap” publik. “Iklan-iklan politik Hatta memang tak sebanyak Prabowo, ARB. Hatta juga bukan media darling seperti Jokowi yang beritanya too much di media. Tapi publik punya logika sendiri, mereka tak serta-merta bisa disetir oleh media. Dalam konteks itu kita memaknai besarnya dukungan ke Hatta saat ini”, ujarnya.(ZAB)

- See more at: http://hatta-rajasa.info/read/2536#sthash.H2G5sK06.dpuf – See more at: http://hatta-rajasa.info/read/2536#sthash.H2G5sK06.dpuf

Leave a Reply