photo panlogo.png
Home Activity Program KUR Harus Disertai Fungsi Pengawasan

Jakarta (ANTARA) – Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dinilai harus disertai fungsi pengawasan dan pendampingan agar berhasil menaikkan kelas pelaku usaha mikro dan kecil.

“KUR tidak sekadar harus memiliki tingkat serapan yang tinggi tapi perlu ada pengawasan dan pendampingan di dalamnya agar program tersebut terasa benar manfaatnya bagi pelaku KUKM,” kata Ketua Kompartemen Telematika Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Iqbal Farabi, di Jakarta, Minggu.

Bakal Calon Ketua Umum HIPMI Jaya itu mengatakan, KUR idealnya terintegrasi dalam sebuah skema program yang di dalamnya terdapat bimbingan bisnis dan market.

Dengan begitu, pelaku usaha mikro dan kecil setelah mengakses KUR memiliki peluang besar untuk mengembangkan usahanya dan bersegera naik kelas menjadi pengusaha yang lebih tinggi tingkatannya.

“Untuk itu pemerintah tidak bisa kerja sendiri tetapi harus menggandeng usaha besar untuk juga turut serta melakukan pendampingan usaha kepada KUKM,” katanya.

Setelah mendapat perkuatan modal dari program KUR, ia menilai acapkali pelaku KUKM tidak tahu cara mengekspansi usaha yang lebih efektif sehingga dana KUR habis begitu saja.

Hal yang dikhawatirkan kemudian terjadi kredit macet sehingga Non Performing Loan (NPL) meningkat. “Di sinilah diperlukan adanya pendampingan kepada pelaku KUKM tentang bagaimana melakukan proses produksi paling efisien, mengemas, transaksi dan memperluas jaringan pasar,” katanya.

Dengan demikian, modal dari KUR bisa berputar dengan lebih lancar dan tingkat pengembalian 100 persen. KUKM juga berpeluang naik kelas tidak lagi menjadi nasabah KUR tetapi naik menjadi nasabah komersial karena usahanya telah lebih bankable dan visible.

Pengawasan yang terukur, menurut Iqbal, juga berfungsi agar KUR tidak sekadar besar serapannya tetapi juga mampu menumbuhkan lebih banyak wirausaha baru karena semakin majunya sektor koperasi dan UKM di tanah air.

Sumber konten : http://id.news.yahoo.com/antr/20101031/tbs-program-kur-harus-disertai-fungsi-pe-251e945.html