photo panlogo.png

Mengawali karirnya sebagai karyawan di bagian Call Center PT. Indosat, Iqbal Farabi kini sukses mengembangkan bisnis content provider. Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang ia miliki, pria kelahiran Balikpapan, 2 Februari 1978 ini memberanikan diri hijrah dari Indosat dan bertekad membangun perusahaan sendiri. Dengan kerja kerasnya, Iqbal berhasil mendirikan PT. Benang Komunika Infotama (BCOMM) pada September 2003. Perusahaan yang berkantor pusat di Jl. Cendrawasih No.36-37 Arteri Pondok Indah Kebayoran Lama Jakarta Selatan ini bergerak di bidang content provider yang fokus pada pengembangan media communication berbasiskan short message system (SMS). Selain itu, jaringan bisnis PT. BCOMM juga merambah ke wilayah Telco Network Services, IT Solution dan Integrated Media. Kini, PT. BCOMM telah memiliki beberapa cabang seperti di Surabaya, Makassar dan Medan. Inilah hasil dari sebuah kreatifitas dan keberanian.

Menurut Iqbal, sebagai wujud pelayanan utama pada pelanggan dan partner, PT. BCOMM telah siap di semua lini pelayanan (from end-to-end services) dan siap memberikan solusi aplikasi bisnis berbasis mobile dari skala kecil sampai dengan skala enterprise dengan pendekatan dan pemahaman pasar yang tepat.

Dengan visi “menjadi pemimpin pasar dalam mensinergikan Solusi & Nilai melalui konten mobile, media dan industri IT Solution pada skala regional dan internasional”, PT. BCOMM selalu berusaha memberikan kepuasan kepada pelanggan. Menurut Iqbal, kepuasan pelanggan adalah kunci dan orientasi dalam menapaki tangga – tangga emas kesuksesan. “Dengan modal kepercayaan dan kepuasan dari pelanggan, kami melangkah dengan pasti menjadi partner dalam kemajuan dan pengembangan” kata Iqbal.

Lantas apa saja produk PT. BCOMM yang telah sukses menembus pasar? Salah satu produk PT.BCOMM yang cukup sukses adalah portal www,whatzups.com. Situs yang dikemas secara kreatif dan interaktif ini merupakan media online yang memuat informasi tentang lifestyle, celebrity info, sport, music & movie dan forum dalam bentuk portal. Whatzups didukung oleh team media jurnalis yang profesional dan bekerja keras untuk menampilkan berita yang up to date, fakta dan bukan gosip. Whatzups diperuntukkan bagi kalangan muda yang energik dan kreatif dan diharapkan dapat menjadi transetter bagi para netters seluruh Indonesia bahkan mungkin dunia.

Produk lainnya adalah www. rajakonten.com; www.kompilasi. com; Album Kompilasi Bcomm an artist vol.1 dan Free Magazine yaitu Schoolish, MySchool dan Frontliners. Untuk majalah free ini, ternyata sambutan pasar sangat luar biasa. Majalah MySchool misalnya, sangat digemari kalangan siswa. Selain contentnya yang menarik, majalah yang didistribusikan ke sekolah-sekolah di kawasan Jabotabek dan Banten ini juga bisa menambah wawasan bagi kalangan siswa. “Mereka sangat senang, bahkan banyak dari mereka yang ingin menjadi “student of the month” di majalah tersebut” kata Iqbal. Demikian juga dengan Frontliners, majalah komunikasi Indosat dengan anggota Indosat Outlet Community (IOC), Indosat Canvasser Community (ICC) dan FMC ini mendapat sambutan hangat dari pasar.

Bagaimana dengan client dan partner BCOMM? Iqbal mengatakan, selama ini PT. BCOMM telah menjalin mitra dengan berbagai pihak seperti Telkom Flexy, Telkomsel, Indosat, dan Excelcomindo.

Atas performa yang ditunjukkan BCOMM sebagai perusahaan content provider, sejak awal 2007, PT. BCOMM ditunjuk sebagai CP Area Indosat Jawa Timur guna mengembangkan produk dan layanannya bagi pelanggan di area Jawa Timur.

Sementara itu, dalam kemitraannya dengan Telkomsel, prestasi PT. BCOMM juga sangat membanggakan. Sebagai mitra terpercaya Telkomsel, BCOMM selama beberapa tahun memegang predikat sebagai GOLD Partner Telkomsel. Kepercayaan itu ditegaskan kembali dengan dipercayanya BCOMM menjadi CP Area beberapa tempat, untuk membantu Telkomsel dalam mengembangkan dan memberikan pelayanan yang unggul kepada pelanggan setianya di berbagai pelosok nusantara.

Area yang menjadi kepercayaan BCOMM dalam kemitraannya dengan Telkomsel antara lain: CP Area Telkomsel Sumalirja meliputi Sulawesi, Makassar, Maluku, Irian Barat); CP Area Jawa Timur mencakup Surabaya, Bali, Nusa Tenggara, dan sekitarnya; serta CP Area Kalimantan.

Selain kesibukannya mengurusi perusahaan, pria yang memperoleh gelar Sarjana dan Magister Hukum Universitas Pelita Harapan Jakarta ini juga aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Sejak Munas HIPMI tahun 2008 di Bali, Ia dipercaya sebagai Ketua Kompartemen Telematika Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) masa bakti 2008 – 2011. Masuknya Iqbal di kepengurusan BPP HIPMI bukannya tanpa proses. Sebelum masuk BPP HIPMI, ia tercatat sebagai anggota BPD HIPMI Jaya. Iqbal menegaskan, HIPMI merupakan organisasi pengusaha yang sangat penting dalam memberikan kontribusinya kepada bangsa dan negara.

Selain di HIPMI, pria yang dikarunia 3 anak ini juga aktif sebagai pengurus Kamar Dagang Industri (KADIN). Di organisasi ini, ia dipercaya sebagai Wakil Ketua Komite Tetap Teknologi Informasi. [YUS]