photo panlogo.png
Home Activity Peringkat daya saing UKM Indonesia turun

JAKARTA: Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi)mengumumkan peringkat kemudahan berbisnis untuk pelaku usaha kecil menengah Indonesia turun berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan International Finance Corporation (IFC) bertajuk Doing Business 2011.

Erwin Aksa, Ketua Umum Hipmi, mengemukakan sebenarnya sudah banyak kemajuan mendorong berkembangnya UKM di Indonesia pada tahun ini. Namun kemajuan itu tergolong lamban jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

“Sudah banyak kemajuan, tetapi negara lain lebih cepat sesuai dengan pemeringkatan yang dilakukan oleh anak perusahaan bank dunia tersebut,” ungkap Erwin Aksa dalam keterangan resminya kepada Bisnis hari ini.

Peringkat Indonesia dalam hal kemudahan berbisnis bagi pelaku UKM pada tahun depan memburuk. Peringkatnya hampir sejajar dengan negara-negara kecil di Afrika. Posisi Indonesia untuk 2011 berada pada peringkat ke-121 untuk wiraswasta. Pada Doing Business 2010 Indonesia berada di peringkat ke-115.

Belajar dari dua krisis sebelumnya pada 1998 dan 2008, sejumlah negara kian sadar bahwa peranan UKM sangat strategis dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, negara-negara itu, termasuk Amerika Serikat, mempercepat layanan paket-paket insentif terhadap pelaku UKM.

Menurut Erwin, pertumbuhan UKM di negara-negara emerging market, seperti Brasil, China, dan India terbilang sangat pesat. “Ini terjadi, karena ada semacam gelombang bangkitnya kewirausahaan yang dipelopori anak-anak muda di negara-negara itu.”

Agar UKM bisa bersaing, pemerintah harus melihat dan menjadikan perkembangan UKM di luar negeri sebagai tolok ukur dalam memetakan kemajuan pelayanan terhadap UKM. Sesuai dengan hasil pemantaun Hipmi Research Center, beberapa pemerintah kabupaten/kota sudah memberikan pelayanan yang ideal kepada UKM.

Pemerintah kabupaten/kota itu, a.l. Yogyakarta, Klaten, Sragen di Jawa Tengah, Parigi di Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Palembang. Baru sebagian kecil kepala daerah yang berinisiatif meningkatkan daya saing UKM. (bas)

Sumber Konten : http://web.bisnis.com/sektor-riil/ritel-ukm/1id218899.html

Sumber Media Cetak (klik untuk memperbesar) :