photo panlogo.png
Home Berita PAN Kita Jangan Mau Dibodohi Perusahaan Tambang

JAKARTA- Langkah pemerintah yang menghentikan ekspor bahan mentah sejak 12 Januari 2014 lalu, diharapkan bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah yang kaya akan barang tambang.

Seperti diketahui, larangan ekspor mineral bahan mentah tercantum dalam UU Minerba nomor 4 tahun 2009. Dalam aturan itu menyebutkan jika perusahaan belum mempunyai pabrik untuk mengolah bahan tambang mentah menjadi bahan tambang jadi, tidak boleh diekspor.

Pemerintah secara tegas memperingatkan kepada para kalangan pengusaha agar tidak coba-coba mengakali aturan larangan ekspor bahan tambang mentah.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menghimbau kalangan pengusaha tambang dan mineral mematuhi Undang-Undang (UU) No 4 tahun 2009. Menurut Hatta, sudah cukup bangsa Indonesia dibodohi oleh argumentasi bangsa asing soal bahaya melarang ekspor bahan tambang.

Terkait soal ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Hatta menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan mengatur dampak pengangguran atau PHK yang akan mungkin ditimbulkan atas penerapan UU Minerba.(FA)

 
Sumber : Hatta-Rajasa Official Site

 

 

Leave a Reply