photo panlogo.png
Home Berita PAN Janji Kampanye PAN untuk Sejahterakan Rakyat

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Teguh Juwarno menyatakan PAN sebagai partai politik harus dirasakan kiprah konkretnya di masyarakat. PAN memberi manfaat buat masyarakat, melalui kader yang diharapkan mampu membantu masyarakat untuk mewujudkan harapannya menjadi kenyataan.

“Terutama harapan komunitas masyarakat untuk memperbaiki kehidupannya, keluar dari lingkaran kemiskinan,” kata Teguh.

Dia menjelaskan Aksi Nyata adalah sebuah kredo atau semangat berjuang yang sekarang dikembangkan oleh PAN kepada semua di seluruh Indonesia. Hal itu sekaligus sebagai jawaban PAN terhadap sikap skeptis dan apatisme masyarakat terhadap partai politik.

Bila selama ini politik dan politisi dipersepsi hanya mengumbar janji terutama menjelang pemilu, maka kader PAN diinstruksikan untuk melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat.

“Muara dari Kerja Nyata tersebut adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani, nelayan, ibu rumah tangga, buruh, dan masyarakat terbawah yang belum merasakan nikmat kemerdekaan,” jelas Teguh.

Sebagai parpol, Aksi Nyata itu dilakukan dengan melakukan advokasi dan pendampingan terkait kebijakan pemerintah untuk rakyat dengan memastikan agar program prorakyat itu benar-benar sampai ke yang berhak. Seperti program di bidang pendidikan, kesehatan, kredit usaha kecil, bantuan langsung tunai, beras miskin, dan infrastruktur perdesaan.

“Selain itu juga melakukan peran pemberdayaan masyarakat seperti menggelindingkan program modal usaha bergulir, rehabilitasi rumah ibadah dan santunan anak yatim-miskin,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, Aksi Nyata PAN dilakukan melalui program seperti Membangun 1000 Mesjid, Program Wirausaha MAPAN, Program traktor dan pompa air untuk petani, Program jaring serta peremajaan perahu, serta Program mesin jahit baru.

Sedang advokasi terhadap kebijakan prorakyat yang dikawal PAN adalah memastikan masyarakat miskin di daerah mendapat akses Program Jamkesmas dan BPJS, serta memperjuangkan janji kampanye 2009 ‘ 1 Desa 1 Miliar’ melalui UU Desa.

Selain itu mengawasl program pembangunan infrastruktur pedesaan, dengan kerja pendampingan mulai dari pusat hingga sampai Desa. PAN juga memastikan program tersebut sampai di desa dan masyarakat tanpa mengalami potongan dana sepeserpun.

“Advokasi terhadap kebijakan yang pro rakyat, perlu dikawal dan didampingi agar benar-benar sampai,” katanya.

Sumber : vivanews

Leave a Reply