photo panlogo.png
Home Activity Hipmi akan berdayakan UKM

JAKARTA: Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) akan menggandeng pengusaha besar untuk memajukan usaha mikro kecil dan menengah agar lbih berkembang.
“Sehingga diharapkan usaha mikro bias naik menjadi usaha kecil, sedangkan usaha kecil dapat menjadi usaha menengah,” ujar Ketua Kompartemen Telematika Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Iqbal Farabi di sela-sela pemaparan website www.iqbalfarabi.com tadi malam.

Hipmi berharap perusahaan besar seperti Telkom dan lainnya ikut serta mendong perkembangan UMKM melalui fasilitasi baik pembinaan, permodalan, maupun fasilitasi pemasaran.

Iqbal menambahkan pemerintah belum terlalu serius menggarap koperasi dan UMKM. “Sudah saatnya semua pihak termasuk pengusaha muda menggarap sektor koperasi dan UKM karena terbukti memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian di tanah air,” tegasnya.

Menurut Iqbal, selama ini UKM hanya dijadikan jargon menjelang kampanye namun setelah itu dilupakan. “UKM harus didukung dan dibantu dengan segala cara agar bisa naik kelas dan menyumbang kontribusi lebih besar terhadap perekonomian,” kata Iqbal.

Salah satu usulan Iqbal adalah diberikan kemudahan dalam hal permodalan dan kemudahan dalam pengembalian kreditnya itu.

Konkretnya, UKM diberi modal atau .kredit oleh pemerintah namun pengembaliannya diberi jangka waktu hingga dia untung atau bisa berdiri dengan tegak dulu. “Kalau di awal langkahnya dia sudah memikirkan soal pengembalian kredit, kapan dia bisa maju?” kata Iqbal yang akan maju sebagai Ketua Umum Hipmi Jaya awal Januari 2011.(api)

Sumber media online : http://www.bisnis.com/sektor-riil/ritel-ukm/1id221627.html