photo panlogo.png
Home Berita PAN Hatta: Tiga Pilar Menuju Indonesia Emas

MAMUJU- Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) merupakan strategi pembangunan yang kini dijalankan pemerintah menuju Indonesia Emas 2045. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan terdapat tiga pilar utama MP3EI yang menjadi acuan bagi pemerintah dalam mengembangkan potensi-potensi ekonomi di daerah.

“Kita mengacu kepada tiga pilar utama dalam pengembangan potensi ekonomi di daerah yang masuk dalam koridor MP3EI,” ujar Hatta dalam siaran persnya yang diterima hatta-rajasa.info, Senin 10 Februari 2014. Kakek satu cucu ini menjelaskan, pilar pertama ialah pengembangan potensi ekonomi melalui koridor ekonomi. Hal ini dapat diartikan sebagai kebijakan untuk memeratakan pembangunan di seluruh Indonesia.

Pilar kedua, penguatan konektivitas nasional. Artinya, pusat pertumbuhan yang ada harus saling bersinergi dan dilakukan pemerataan infrastruktur dasar.  Cara-caranya, antara lain dengan membangun sarana transportasi seperti bandara, pelabuhan, terminal dan stasiun kereta. Tujuannya, agar konektivitas antar-wilayah berjalan dengan baik. Hal itu akan mengurangi beban atau biaya produksi. Penurunan biaya produksi akan meningkatkan daya beli dan memperbanyak hasil produksi.

Sedangkan pilar ketiga adalah penguatan SDM yang mendorong ke arah innovation driven economy. “Dengan konsep yang matang dan perencanaan yang baik, maka akan mungkin terjadi bila ke depanya Indonesia akan menjadi negara maju dan masuk ke dalam kelompok sepuluh besar ekonomi dunia pada tahun 2025,” tegas Hatta.

Lulusan Teknik Perminyakan ITB itu yakin tujuan itu akan tercapai, karena pengembangan MP3EI merupakan terobosan didasari oleh semangat “not business as usual”. “Sebagai langkah awal untuk menjadikan Indonesia negara dengan ekonomi yang kuat, pertumbuhan ekonomi Indonesia ditargetkan 7-9% per tahun secara berkelanjutan,” tandasnya. Menristek Era Megawati itu juga menambahkan, adanya kerjasama yang baik, dari pusat hingga daerah merupakan hal yang harus benar-benar dilakukan guna mensukseskan MP3EI.

“Peran pemerintah, baik pemerintah pusat dan daerah, sangat penting dalam membuat kebijakan yang memudahkan pemerataan tersebut,” terang Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

 

Sumber : Hatta Rajasa offocial Website

Leave a Reply