photo panlogo.png
Home Berita PAN Hatta Tak Bisa Tidur Nyenyak Pikirkan Harga Pangan yang Terus Melonjak

Jakarta -Harga bahan pangan yang terus melonjak beberapa hari terakhir akibat guyuran hujan di Jakarta dan sekitarnya sempat membuat Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa risau. Hatta mengaku, pemerintah perlu fokus untuk meningkatkan stabilitas harga pangan di Indonesia.

“Tahun ini kita perlu jaga stabilitas harga pangan pokok dan pasokannya. Saya agak kurang nyenyak tidurnya karena memikirkan ini,” ungkap Hatta saat acara Indonesia Investor Forum ke-3 di Jakarta Convention Center, Selasa (21/1/2014).

Dia menjelaskan, di tahun 2014 pemerintah perlu fokus ke beberapa hal dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Kita harus menghadapi tahun ini dengan optimis dan kehatian-hatian karena ancaman masih akan ada,” ujarnya.

Oleh karenanya, Hatta optimis jika perekonomian akan tetap bertumbuh di tengah ancaman krisis global. Atmosfer politik di tahun 2014 juga tidak akan berdampak signifikan terhadap kondisi ekonomi Indonesia.

“Kita akan tetap tumbuh di tengah krisis ekonomi global. Kesuksesan pemilu 2004 dan 2009 menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia bisa berpolitik dan dewasa dan saya salah satu politisi percaya, politik tidak akan menimbulkan gangguan signifikan terhadap ekonomi kita,” jelas dia.

Hatta menyebutkan, pihaknya optimis jika pertumbuhan ekonomi 2014 mampu mencapai angka 5,7% dengan pengendalian inflasi di angka 5,5%.

“Kita harus menjaga inflasi, menurunkan kemiskinan, meningkatkan kualitas belanja pemerintah, meningkatkan daya saing investasi, fiskal agar tidak tergantung impor,” kata dia.

Menurutnya, penyerapan anggaran pemerintah di tahun ini harus lebih merata. Tak hanya itu, biaya logistik juga perlu ditekan.

“Pemerintah perlu meningkatkan penyerapan belanja pemerintah di triwulan satu dan dua, jangan numpuk di triwulan 3 dan 4 saja. Kalau kita bersatu tidak ada sesuatu yang tidak bisa kita atasi,” tandasnya.

Sumber : Detik Finance

Leave a Reply