photo panlogo.png
Home Berita PAN Hatta: Pertumbuhan Perlu, Tapi Stabilitas Juga Penting

JAKARTA- Tren positif pada neraca perdagangan yang terjadi dalam tiga bulan terakhir telah mendorong perbaikan pada neraca transaksi berjalan mencapai level 1,98 persen terhadap Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB).  Namun, perbaikan ini tidak serta merta memindahkan fokus pemerintah untuk mengejar pertumbuhan ekonomi yang lebih maksimal. Seperti diketahui, untuk menstabilkan posisi neraca transaksi berjalan, maka pertumbuhan ekonomi direm.

“Kita tentu tidak hanya kehilangan momentum pertumbuhan. Saya kira perlu pertumbuhan tapi stabilitas juga penting,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin 17 Februari 2014.

Untuk itu, ke depannya pengendalian sisi fundamental ekonomi nasional masih menjadi fokus pemerintah, sambil berusaha mencapai tingkat pertumbuhan yang realistis. “Oleh sebab itu kita tidak harus mendorong pertumbuhan tinggi, tidak didorong suplay cuma dari demand side. Jangan sampai suplai terbatas membuat defisit kita menganga lagi. Kita akan mendorong pertumbuhan pada angka relistis 5,8-6 persen,” ungkap menteri senior kelahiran Palembang, Sumatera Selatan ini.

Hatta menambahkan, penerapan paket kebijakan ekonomi Agustus lalu terus menunjukkan dampak positif bagi sisi fundamental ekonomi nasional. Menurutnya, pemerintah akan terus menjaga besaran defisit pada neraca transaksi berjalan dan mengendalikan sisi capital account pada neraca pembayaran.

“Kita bersyukur rupiah menguat. Kita melihat neraca perdagangan kembali surplus. Ini berarti paket kebijakan kita berjalan baik, baik yang oleh pemerintah maupun BI. Di sisi lain kita menjaga capital account yang berkait dengan iklim investasi dan pasar modal juga baik,” pungkas Hatta.

Sumber : Hatta Rajasa Official Website

 

Leave a Reply