photo panlogo.png
Home Berita PAN Hatta: Investasi Asing Harus Diseleksi

JAKARTA- Pemerintah menegaskan, investasi asing yang akan masuk ke Indonesia tidak boleh memicu adanya impor bahan baku dan bahan penolong. Sebab, peningkatan impor tersebut akan memicu terjadinya defisit neraca perdagangan dan defisit neraca transaksi berjalan.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan pemerintah saat ini akan lebih cermat untuk memilah investasi asing yang masuk guna mengantisipasi adanya peningkatan impor bahan baku dan bahan penolong. Namun, pemerintah dipastikan masih mentolerir adanya impor bahan modal, karena akan berdampak pada peningkatan produktifitas industri dalam negeri.
“Oleh sebab itu, investasi harus lebih cermat untuk saat ini. Cermat dalam arti jangan sampai investasi tersebut justeru menambah beban defisit neraca transaksi berjalan karena meningkatnya komponen bahan baku dan bahan penolong. Ini tidak boleh terjadi, kita berusaha untuk mengurangi itu,” tegas Hatta di Jakarta Selasa , 21 Januari 2014.
Untuk mengantisipasi peningkatan impor, lanjutnya, pemerintah telah melakukan seleksi yang lebih ketat terhadap investasi asing yang masuk. Selain itu, investasi yang ada diwajibkan sejalan dengan program hilirisasi, terutama di sektor mineral dan pertambangan.
“Jadi, investasi yang masuk juga harus memenuhi, pertama, mengurangi impor bahan baku dan bahan penolong. Kedua, sejalan dengan program hilirisasi kita,” pungkas kakek satu ini.

 

Sumber : Hatta Rajasa Official Site

Leave a Reply