photo panlogo.png
Home Politik Hatta Cawapres Idola

JAKARTA- Sejumlah lembaga sigi memposisikan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa sebagai salah satu figur unggulan dalam pemilu presiden (pilpres) 2014. Ia banyak disandingkan dengan nama-nama yang sudah tenar sebelumnya, seperti Prabowo Subianto atau Joko Widodo.

Hal ini dikemukakan oleh pemerhati masalah sosial dan politik, Bambang Sulistyo. Saat ditemui di Jakarta pada Jumat, 28 Maret 2014, pria yang tinggal di Lenteng Agung ini mengatakan bahwa Hatta bisa jadi kunci koalisi di Pilpres mendatang.

“Saya pikir Hatta akan menjadi sosok kunci di pilpres 2014. Itu disebabkan karena ia adalah type ‘All presiden man,” ujarnya memberi alasan.

Namun demikian posisi Hatta, masih menurut Bambang, cukup sulit untuk berada di posisi calon presiden. Hal itu disebabkan partai yang mengusungnya adalah PAN. Partai ini masih berada diperingkat medioker. Selain itu, elektabilitas Hatta masih berada dibawah Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

“Ada semacam trend dimasyarakat bahwa kalo ditanya calon presiden ya Prabowo atau Jokowi” lanjutnya lagi.

Akan tetapi, jika ditanya tentang wakil presiden, nama Hatta kerap unggul dibanding tokoh lain, semisal Jusuf Kalla.

“Seperti yang dirilis oleh Lembaga Sigi Lingkarang Survei Indonesia (LSI) pada akhir 2013 dan Indo Barometer baru-baru ini. Nama Hatta memang kerap unggul dibanding Jusuf Kalla dan tokoh-tokoh yang lain,” tukasnya.

Pertanyaannya, kenapa nama Hatta di begitu menarik duduk diposisi cawapres?. Menurut Bambang, moncernya figur Hatta saat ini tak lain disebabkan oleh kemampuan komunikasi politik yang cukup mumpuni. Kemampuan komunikasi politik Hatta menurutnya tidak perlu disangkal lagi.

“Kita masih ingat bagaimana Hatta mendamaikan Partai Demokrat dan PDIP. Kita juga masih mengingat bagaimana peran sentral Hatta di Kabinet koalisi pemerintah. Semua bisa dilakukan Hatta dengan begitu smooth,” terangnya.

Begitu pula dengan kemampuan Hatta dalam hal lobbying dengan para stake holder pemangku ekonomi. Menurut Bambang, Ia begitu lihai. Seperti pada saat demo buruh di Tangerang yang memblokit jalan tol, saat Hatta datang, cair seketika.

“Inilah mungkin sebabnya, Hatta begitu menarik untuk posisi Cawapres. Dari track record serta pengalamannya dipemerintahan, sosok Hatta Rajasa bisa menjadi garansi berjalannya pembangunan,” ujarnya.

Sumber : Hatta Rajasa Official Website

Leave a Reply