photo panlogo.png
Home Berita PAN Cuaca Ekstrim, Hatta: Nelayan Perlu Dibantu

Jakarta – Cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini, membuat kehidupan nelayan Indonesia mengiba. Penghasilan mereka surut tajam akibat tak bisa melaut karena tingginya gelombang. Itu sebabnya, parta nelayan membutuhkan perhatian lebih disaat-saat seperti ini.

Demikian diungkapkan oleh Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, saat ditemui oleh hatta-rajasa.info usai Rakor Evaluasi Kebijakan di kantornya, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

“Kemarin saya ditanyain nelayan, dan saya melihat saat ini, masyarakat yang paling menderita adalah nelayan. Mereka tidak bisa melaut karena cuaca,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Menristek era kepemimpinan Presiden Megawati ini.

Para nelayan tak memiliki alternative pendapatan lain selain menangkap ikan. Satu-satunya sumber penghasilan mereka adalah dengan menangkap ikan. “Tidak ada alternatif lain selain menangkap ikan,” lanjut Hatta lagi.

Itu sebabnya, masih menurut Hatta, kondisi ini tak boleh berlarut-larut karena akan berdampak pada naiknya tingkat kemiskinan. Makanya, pemerintah perlu turun tangan untuk membantu para nelayan ini.

“Makanya proteksi melalui bantuan harus jalan. Saya sudah kunjungi tiga kampung nelayan di Juwana, Carita, Tambak Lorok dan kondisinya memang kasihan. Mereka rata-rata tidak melaut,” cerita besan Presiden SBY ini.

Alhasil, untuk menyambung hidup selama vakum berlayar, Hatta mengakui, nelayan-nelayan itu berwirausaha kecil-kecilan, seperti membuka warung dan lainnya.

“Maka dari itu, saya bagikan sembako, dan saya minta BUMN untuk fokus melakukan tanggung jawab sosialnya ke kantung-kantung orang miskin, terutama penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Karena mereka kadang cuma perlu Rp 2 juta untuk buka warung dan omzet Rp 50 ribu per hari saja sangat menolong,” pungkas Hatta.

 

Sumber : Hatta Rajasa Official Site

Leave a Reply